Pengertian dan Fungsi Video RAM Terlengkap


Video RAM, singkatan dari Video Random Access Memory, merupakan jenis solid state memori komputer yang membuat grafis warna seperti yang digunakan dalam video game dan antarmuka pengguna grafis lain. Diciptakan pada tahun 1980 oleh para peneliti di IBM, Video RAM dikomersialisasikan perusahaan teknologi pada tahun 1986 dalam sebuah adapter grafis resolusi tinggi untuk komputer pribadi. Sejak itu, teknologi VRAM berkembang menjadi perangkat elektronik seperti smart ponsel, video game, GPS, dan perangkat lain yang membutuhkan tampilan grafis warna kompleks dan citra 3-D.
Bagaimana Video RAM Bekerja

Video RAM menyimpan gambar dan frame video yang telah diidentifikasi prosesor komputer sebagai konten layar. Setelah  menerima data dari DRAM, ia mulai mengkonversi file digital menjadi sinyal analog yang bisa ditafsirkan monitor komputer. Dalam sebagian besar sistem komputer, perangkat ini merupakan perangkat dual porting, yang memungkinkan mereka untuk mengubah konten layar dari sinyal digital menjadi sinyal analog sementara mereka masih bisa tetap memprogram data baru dari DRAM sebagai konten layar. Metode ini memungkinkan Video RAM sebagai perangkat untuk mengolah data lebih cepat dan terus menampilkan konten pada monitor tanpa menunggu konten baru yang akan diproses.

Applikasi Video RAM

Video RAM memiliki aplikasi yang berbeda dan dapat ditemukan pada setiap perangkat layar elektronik yang terhubung ke unit pengolahan. Relitasnya Video RAM dapat menyimpan konten dari DRAM yang diidentifikasi prosesor komputer sebagai konten layar, tujuan utamanya adalah untuk mengkonversi file digital menjadi sinyal analog yang dapat ditampilkan pada monitor komputer.
Keuntungan Applikasi Video RAM

Video RAM ini menguntungkan karena memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan perangkat display seperti monitor dan proyektor. Video RAM juga bertanggung jawab untuk menyimpan konten layar, yang menurunkan beban kerja DRAM, yang memungkinkan prosesor komputer untuk menganalisis data lebih cepat dan berkonsentrasi pada fungsi-fungsi lain seperti mengambil data mentah bagi pengguna. Video RAM ganda porting ini menguntungkan karena dapat mengkonversi file digital menjadi sinyal analog untuk monitor sekaligus mengumpulkan data baru dari DRAM.

0 komentar :

Posting Komentar