Cara Mengembalikan Data Hardisk Yang Terformat (Recovery Data)


Untuk pertemuan kali ini saya akan share trik untuk Mengembalikan Data Hardisk Yang Terformat. pastinya anda bingung bagaimana sih caranya ngembalikan data hardisk yang terformat dengan tidak sengaja. nah kali ini xtraa akan share triknya jangan kawatir.
Dulu saya juga pernah mengalami hal yang sama dengan anda yakni file-file saya yang sangat penting tak ada bandingnya hilang terhapus tanpa sengaja, isi hardisk kosong karena terformat semua, lalu saya mencoba untuk mengembalikan file yang ada pada hardisk setelah proses format ulang selesai dengan bantuan software-software, diantaranya adalah software yang bernama Recuva, Undelete, namun kedua software itu tidak berhasil kemudian saya mencoba kembali menggunakan software GetDataBack for NTFS dan Alhamdulillah hasilnya 98% berhasil, namun memakan waktu yang begitu lama sekitar 12 jam. Hal itu dikarenakan volume hardisk yang besar sekitar 500 Gb. Yuk simak cara yang saya lakukan:


Jalankan program GetDataBack for NTFS, (kebetulan software ini ada dalam paket hirensboot versi 1.0 yang saya miliki saat itu) , jika anda belum memiliki aplikasi tersebut anda bisa mencari dan mendownloadnya lewat mesin pencari seperti google.

Step 1.
Jalankan aplikasinya (GetDataBackk for NTFS)
Klik Next untuk melanjutkan.

Step 2
Pilih drive lokasi hardisk yang akan di recovery. Anda bisa membedakanya dengan cara melihat label maupun dari kapasitas volume hardisk.

Step 3
Secara default pada step 3 pada pilihan search entire drive, anda juga bisa memilih pilihan ke 2 yaitu search partial drive jika anda ingin menentukan lokasi recovery dari sector tertentu ke sector tertentu. (Pilih default saja) klik Next.
Selanjutnya adalah proses pencarian file system NTFS, tunggu proses ini berjalan sampai 100%.
Setelah proses diatas selesai, dilanjutkan dengan proses Analyzing classification.

Step 4 
Pilih system yang ditandai dengan warna hijau, (artinya system tersebut dalam keadaan baik, dibanding system yang ditandai dengan warna merah maupun kuning) kemudian klik Next.


Step 5
Pada tahap ini akan muncul file/data yang dapat kita recovery, baik data yang masih aktif, maupun data yang sudah anda penah hapus sebelumnya.

Untuk mem-backup anda cukup pilih file atau folder, kemudian klik menu recover-pilih copy, pilih folder atau file kemudian klik kanan-copy, atau pilih menu recovery-copy.

Tentukan alamat directory untuk menyimpan hasil file/data yang akan kita backup, klik OK untuk memulai proses backup file.

Proses copy file sedang berlangsung, tunggu sampai proses berjalan hingga 100%. Setelah proses copy file selesai anda bisa mengecek file hasil recovery pada directory yang anda tentukan tadi. Selamat mencoba semoga berhasil.

0 komentar :

Posting Komentar